Jumat, 13 Januari 2012

Sosis dan Daging Ham Picu Kanker Pankreas

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mengkonsumsi makanan dari daging olahan berpengawet seperti sosis, dan daging ham ternyata bisa meningkatkan resiko kanker pankreas. Para ilmuan juga menambahkan pengkonsumsian daging olahan dalam jumlah yang sedikit, seperti sepotong sosis atau atau dua potong daging ham setiap hari, tetap bisa mengembangkan resiko kanker pankreas.
Kanker pankreas sering disebut sebagai "silent killer", karena tidak menunjukan gejala pada awal terjangkitnya penyakit ini. Biasanya gejalanya hanya berupa sakit punggung, kehilangan selera makan dan turunnya berat badan. Diketahui sebelumnya bahwa penyebab kanker pankreas adalah karena merokok, minum minuman beralkohol dan kelebihan berat badan.

Para ilmuan di Swedia menemukan bahwa makan sekitar 50 gr daging olahan setiap hari bisa meningkatkan resiko kanker hingga 19%. Peneliti menjelaskan bahwa memakan burger ukuran kecil yang ditambahkan irisan ham atau sosis sebanyak sekitar 100 gr bisa meningkatkan 38% resiko kanker pankreas, sedangkan burger ukuran sedang hingga besar sekitar 150 gr memiliki resiko hingga 57%.
Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Cancer ini didasari oleh penelitian dengan menganalisis 11 hasil penelitian sebelumnya terhadap 6.000 pasien kanker pankreas. Peneliti juga menambahkan bahwa mengkonsumsi daging merah seperti steak, juga bisa meningkatkan resiko kanker pada pria, tetapi tidak pada wanita.
Namun, resiko kanker yang ditimbulkan oleh mengkonsumsi daging masih cukup rendah dibandingkan dengan merokok yang mencapai 74%.


Semoga bermanfaat..

Big thanks to http://id.berita.yahoo.com/sosis-dan-daging-ham-picu-kanker-pankreas-123807244.html

sumber
http://id.berita.yahoo.com/sosis-dan-daging-ham-picu-kanker-pankreas-123807244.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar