Minggu, 15 Januari 2012

Kemiskinan dan Kelaparan

Latar Belakang

Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadinya ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh tidak adanya alat pemenuh kebutuhan dasar. Kemiskinan pada dasarnya merupakan salah satu bentuk masalah yang muncul dalam kehidupan masyarakat.
Kelaparan, adalah suatu kondisi dimana tubuh sangat membutuhkan makanan untuk dikonsumsi. Istilah ini umumnya berhubungan dengan kemiskinan.


Pembahasan

Fakta-fakta Mengenai Kelaparan
Berikut adalah beberapa fakta-fakta mengenai kelaparan.


- Kurang lebih 24.000 orang meninggal karena kelaparan. Kebanyakan dari negara-negara miskin yang tidak memiliki cukup makanan. Dan tiga per empat dari angka kematian ini adalah anak-anak.
- Kebanyakan dari kematian karena lapar disebabkan oleh malnutrisi yang kronis akibat dari keadaan bahwa penderita tidak dapat mendapatkan makanan yang cukup.
- Disamping kematian, malnutrisi juga menyebabkan kerusakan pada indra penglihatan, perlambatan pertumbuhan badan dan meningkatnya kerawanan terhadap penyakit.


Kelaparan juga dapat mengganggu perkembangan tubuh, dan kesehatan.

Kekurangan energi protein dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan, ketidakseimbangan cairan tubuh dan penurunan daya tahan tubuh terhadap infeksi karena makanan kita tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh dari energi dan protein.
Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan penglihatan di malam hari, luka pada mata, bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan meningkatnya penyakit dan kematian karena infeksi.
Kekurangan yodium dapat menyebabkan penyakit gondok, keterbelakangan mental, kerusakan otak dan kegagalan reproduksi.
Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia gizi, masalah kehamilan, terhambatnya pertumbuhan penurunan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan juga kegagalan perkembangan mental an motorik dalam jangka panjang.
Resiko gangguan kesehatan yang berhubungan dengan kelebihan gizi pangan meliputi penyakit jantung, obesitas dan diabetes.


Berikut adalah beberapa kelompok yang rawan terhadap kelaparan :

Korban konflik
 - Penduduk yang terlantar
 - Pengungsi
 - Korban perang yang cacat fisik

Orang-orang yang tersisih (kelompok marjinal) di daerah perkotaan
 - Anak putus sekolah
 - Pengangguran
 - Pendatang yang baru saja pindah ke kota
 - Orang-orang yang tinggal di daerah kumuh di pinggiran kota
 - Kuli pengangkut barang dan buruh bangunan
 - Gelandangan
 - Yatim piatu
 - Anak-anak jalanan
 - Tuna wisma


Kemiskinan menurut pendapat umum dapat dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu :

 - Kemiskinan yang disebabkan oleh aspek jasmani atau mental seseorang
Pada aspek jasmani, biasanya orang tersebut tidak dapat berbuat semaksimal orang yang sehat jasmaninya. Sedangkan aspek mental, adalah sifat seperti sifat malas untuk bekerja dan berusaha.
 - Kemiskinan yang disebabkan oleh bencana alam
Biasanya pihak pemerintah menempuh dua cara, yaitu memberi pertolongan sementara dengan bantuan secukupnya dan memindahkan ke tempat hidup yang lebih layak.
 - Kemiskinan buatan atau kemiskinan struktural
Selain disebabkan oleh keadaan pasrah pada kemiskinan dan memandangnya sebagai nasib dan takdir, juga karena struktur ekonomi, sosial dan politik.


Penutup

Kesimpulan

Banyak penyakit yang dapat disebabkan oleh kelaparan. Pertumbuhan tubuh pun dapat terganggu. Dan kemiskinan bukanlah sesuatu yang hanya dapat di pasrahkan saja. Semua orang dapat mengubah keadaan tersebut menjadi lebih baik, tergantung dari orang tersebut. Dan suatu negara dapat menjadi lebih berkembang jika angka kemiskinan dapat lebih ditekan lagi.


sumber:
http://www.lonweb.org/hunger/hung-ind-eng.htm
http://yongkimayongga.blogspot.com/2012/01/ilmu-teknologi-kemiskinan.html
www2.jogjabelajar.org/modul/how/k/kesehatan/2_kelaparan_2.pdf

1 komentar: