Minggu, 07 Oktober 2012

New Media

New media merupakan istilah yang luas dalam studi media yang hadir pada akhir abad ke 20, yang mengacu kepada permintaan untuk mengakses ke suatu konten kapan saja dan di mana saja dan pada setiap perangkat digital, serta interaktif feedback dari pengguna, partisipasi yang kreatif dan pembentukan masyarakat di sekitar media konten. Janji lain yang penting dari new media adalah 'demokratisasi' dari kreasi, penerbitan, distribusi dan konsumsi dari konten media. Aspek lain dari new media adalah generasi real time dari konten yang tidak diatur.

Kebanyakan teknologi yang digambarkan sebagai 'new media' merupakan teknologi digital, yang biasanya memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, melalui jaringan, kompresibel, dan interaktif. Sebagai contoh adalah internet, website, multimedia komputer, video game, CD-ROM dan DVD. New media tidak
termasuk ke dalam program televisi, film, majalah, buku, kecuali mereka memiliki teknologi yang memungkinkan untuk interaksi digital. Wikipedia adalah salah satu contohnya, dia dapat menggabungkan teks digital yang dapat diakses melalui internet dengan gambar / foto, dan video yang menggunakan web-link, partisipasi yang kreatif dari kontributor, interaktif feedback dari pengguna dan pembentukan peserta komunitas dari editor dan donor untuk kepentingan pembaca non-masyarakat. Dan facebook merupakan contoh dari model media sosial, dimana kebanyakan pengguna juga merupakan peserta.



Definisi 

Meskipun ada banyak cara untuk menjelaskan new media, Lev Manovich mendefinisikan new media dengan menggunakan beberapa proposisi yang sederhana dan ringkas.

  -  New Media versus Cyberculture
Cyberculture merupakan beragam fenomena sosial yang berkaitan dengan internet dan jaringan komunikasi (blog, on-line multiplayer game). Sedangkan new media lebih terfokus kepada benda-benda budaya dan paradigma (digital untuk televisi analog, iPhone).

  - New Media sebagai Teknologi Komputer yang digunakan sebagai Platform Distribusi
New media merupakan objek budaya yang menggunakan teknologi komputer digital unutk distribusi dan pameran. Sebagai contoh internet, web site, multimedia. Tetapi permasalahannya adalah definisinya harus direvisi setiap beberapa tahun. Istilah 'New Media' tidak akan menjadi 'baru' lagi, karena kebanyakan bentuk budaya akan didistribusikan melalui komputer.

  - New Media sebagai Data Digital yang dikendalikan oleh Perangkat Lunak (Software)
Bahasa dari new media didasarkan kepada asumsi bahwa, pada kenyataannya semua benda budaya yang mengandalkan representasi digital dan pengiriman berbasis komputer membagikan sejumlah kualitas umum. New media berkurang menjadi data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Sekarang operasi media dapat menciptakan beberapa versi dari objek yang sama. Sebagai contoh adalah gambar yang disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah menurut algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna.

  - New Media Sebagai Campuran antara Konvensi Budaya yang ada dengan konvensi Perangkat Lunak
New media saat ini dapat dimengerti sebagai campuran antara konvensi budaya yang lebih tua untuk representasi data, akses, dan manipulasi dengan konvensi untuk representasi data, akses dan manipulasi yang lebih baru. Data yang lama adalah representasi dari realitas visual dan pengalaman manusia, dan data yang baru adalah data numerik.



New Media dan Globalisasi

Munculnya new media telah meningkatkan komunikasi antara manusia di seluruh dunia, dan internet telah memungkinkan orang-orang untuk mengekspresikan diri mereka melalui tulisan di blog, website, gambar, dan media lainnya.

Anthony Flew menyatakan bahwa sebagai hasil dari evolusi teknologi new media, globalisasi pun terjadi. Globalisasi pada umumnya dinyatakan sebagai "lebih dari perluasan kegiatan diluar batas-batas bangsa negara tertentu". Globalisasi memperpendek jarak antara orang-orang di seluruh dunia dengan komunikasi elektronik, dan Caimcross mengungkapkan perkembangan besar ini sebagai "Kematian jarak". New media secara radikal memecahkan hubungan antara tempat fisik dan tempat sosial, yang membuat lokasi fisik jauh kurang berarti untuk hubungan sosial.

Namun, perubahan di dalam lingkungan new media menciptakan serangkaian ketegangan dalam konsep "ruang publik".



Keamanan Nasional

New media juga menjadi daya tarik bagi masyarakat spionase global karena mudah untuk diakses secara elektronik dalam format database. Yang paling menarik bagi masyarakat spionase adalah Facebook dan Twitter. Situs dimana orang bebas membocorkan informasi pribadi yang kemudian dapat disaring dan diarsipkan untuk penciptaan berkas secara otomatis untuk kepentingan orang tersebut



New Media dan Interaktivitas

Interaktifitas dapat dianggap sebagai konsep sentral dalam memahami new media, namun media yang berbeda bentuk memiliki derajat interaktivitas yang berbeda juga. Dan beberapa bentuk digital dan media konvergensi sebenarnya tidak interaktif sama sekali.

New media berubah secara terus menerus karena perubahannya yang konstan dan didefinisikan ulang oleh interaksi antar pengguna, teknologi baru, dan perubahan budaya.



Industri

Industri New media membagikan hubungan terbuka dengan banyak segmen pasar seperti perangkat lunak, desain vidoe game, televisi, radio, dan terutama film, iklan dan pemasaran, dimana industri berusaha untuk memperoleh keuntungan dari dialog dua arah dengan konsumen terutama melalui internet.



Jejaring Sosial

Merupakan suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik.
Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan dalam simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara dan memegang peranan penting dalam menetukan cara pemecahan masalah, dan mejalankan organisasi.


Berikut adalah macam-macam jejaring sosial buatan Indonesia

  - Adandu
Situs ini diluncurkan dalam versi beta pada bulan Oktober 2009. Situs web berbagi video dan layanan pengunggahan video ini menyediakan layanan gratis bagi pengguna umum dan pembuat atau penerbit video independen

  - AkuCintaSekolah
Situs komunitas ini bertujuan untuk mewadahi semua orang yang masih dan pernah bersekoah di Indonesia. Situs jejaring sosial ini menurut penggunanya cukup aman bagi anak sekolah. Semua data yang didapat dari situs ini merupakan hasil survey yang langsung di data ke setiap sekolah

  - Kiber
Kiber (kitaberbagi.com), merupakan situs yang menjadi wadah unutk berbagi dengan teman, kerabat dan relasi

  - Kongkoow
Situs jejaring sosial bercitarasa lokal yang menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti akun e-mail, file sharing, video streaming, dan blogging

  - Otofriends
Dengan tagline "Community Gathering, Start From Indonesia". Situs ini tergolong cepat dengan fitur lengkap dan terus bertambah. Fiturnya merupakan kombinasi dari Facebook, Yahoogroups, Friendster, dan Multiply dengan mengkhususkan pada bidang otomotif

  - Mobinessia
Tampilannya cukup sederhana seperti sebuah forum online. Jejaring sosial yang didirikan pada tahun 2009 ini  dibuat untuk sarana pertemanan berbasis ponsel dengan fitur microblogging, album foto, kronologer status, messaging, dan chat.

  - Zeetal
Komunitas internet Indonesia yang memungkinkan anda untuk terhubung bersama teman, keluarga, bahkan siapa saja di seluruh dunia.





Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar